Media Dakwah dan Informasi Islami

Tokoh Hindu: Ucapan Wedakarna Dapat Memperburuk Citra Umat Hindu

TOKOH dan pemuka agama Hindu, Yanto Jaya, meminta Gusti Ngurah Arya Wedakarna sebagai tokoh agama Bali seharusnya dapat mengedepankan toleransi.

“Setiap orang bertanggung jawab dengan apa yang diucapkannya sendiri. Setiap agama itu kan seharusnya menganjurkan kebaikan, menganjurkan toleransi, menganjurkan perdamaian. Jadi tidak ada agama menganjurkan permusuhan. Jadi apapun yang ia lakukan berarti ia telah memikirkan resikonya,” ujarnya kepada Islampos, Jum’at malam (28/11/2015).


Pihak yang dirugikan atas ucapan Wedakarna, lanjutnya, dapat menempuh jalur hukum dengan melaporkan Wedakarna kepihak berwajib.

Yanto yang juga pimpinan Parisda Hindu Dharma Indonesia (PHDI) mengungkapkan bahwa PHDI berlepas diri dari masalah tersebut.

“Kita serahkan saja pada yang berwajib. Siapapun yang bicara jelek kita tidak pernah menghakimi, yang dirugikan silahkan lapor,” tukas Yanto yang kini menjabat Ketua Ideologi Politik dan HAM PHDI ini.

Menurutnya, tindakan Wedakrana tersebut dapat menimbulkan efek negatif dan citra buruk bagi umat Hindu di luar Bali.

“Bisa saja nanti setiap orang yang ingin melakukan hal-hal tidak positif pada umat Hindu, nanti Hindu di luar Bali digesek-gesek. Nah jadi kepolisian proses segera,” katanya.

Sebelumnya Anggota DPD utusan Bali, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna dinilai telah mengusik ketenteraman umat beragama Bali dengan mengatakan Bali dapat menjadi seperti Israel.

Ia juga dianggap telah memancing keresahan dengan mengatakan orang Bali terbiasa puputan untuk berperang menghadapi Islamisasi.

sumber : https://www.islampos.com/tokoh-hindu-ucapan-wedakarna-dapat-memperburuk-citra-umat-hindu-233170/

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top
close